Sabtu, 23 Mei 2009

Siap-siap, Batas Daftar SD Negeri Unggulan Cuma Dua Hari

JAKARTA, KOMPAS.comPendaftaran siswa baru SD negeri unggulan yang termasuk Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) hanya dibuka dua hari, yakni pada 1-2 Juni mendatang. Sedangkan pendaftaran SD negeri unggulan yang termasuk Rintisan Sekolah Berstandar Nasional (RSSN), diselenggarakan pada 9-10 Juni mendatang.

Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD Negeri unggulan dilakukan seleksi dalam bentuk tes tertulis dan wawancara. Selain itu dilakukan juga pengecekan administratif, khususnya menyangkut umur calon siswa.

Seperti diketahui, syarat utama masuk SD Negeri adalah calon siswa harus sudah berusia enam tahun. Pada PPDB di sekolah non-unggulan, tidak diadakan tes tertulis dan wawancara. "Untuk sekolah rintisan harus diadakan seleksi agar bisa mendapatkan bibit-bibit unggul. Apalagi peminatnya banyak sedangkan kapasitasnya terbatas, oleh karena itu harus diseleksi," ujar Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Kamaluddin.

Hingga kemarin, belum diperoleh data tentang kapasitas atau daya tampung SD-SD unggulan di DKI. Menurut Kamaluddin, pihaknya masih memetakan kapasitas sekolah unggulan se-Jakarta.

Contoh SD Negeri unggulan di DKI adalah SDN Gondangdia 01, Joharbaru 01, Pesanggrahan 10, Srengseng Sawah 11, Kayuputih 09, dan Cipinang Besar Selatan 09. Hingga tahun lalu, di Jakarta terdapat 13 SD Negeri unggulan yang terdiri atas RSBI maupun RSSN.

Kelebihan SD unggulan dari non-unggulan di antaranya adalah penggunaan bahasa internasional sebagai bahasa pengantar. SD Negeri unggulan di DKI juga menerima siswa dari luar DKI. Akan tetapi, jatah untuk calon siswa dari luar Jakarta hanya lima persen dari daya tampung kelas.

Pada PPDB SD Negeri unggulan tahun lalu, materi tes tertulis meliputi bentuk, warna, bilangan, dan huruf. Sedangkan wawancara dilakukan kepada calon siswa maupun orangtuanya. Istilah PPDB dipakai mulai tahun ini untuk menggantikan istilah Penerimaan Siswa Baru atau PSB. (Intan Ungaling Dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar